Senin, 31 Desember 2012

Ekspedisi Gunung Merbabu

Berhubung planning tahun baru ke luar Pulau Jawa batal karena di PHP-in sama jadwal UTS Ekonomi Pembangunan, untung ada temen awak yang ngajak climbing. Dan tujuannya itu Gunung Merbabu yang berada pada ketingian 3142 mdpl. Itu tuh gunung yang bersebelahan sama Gunung Merapi.. :)

[28 Desember 2012]
Sekitar jam 4 kami ngumpul di halte depan kampus STIS. Kami perginya berlima. 3 cowok, 2 cewek. kami langsung cawww ke terminal Rawamangun. kami dapat jadwal keberangkatan bis jam 19.00wib, harga Jakarta - Boyolali Rp. 170.000,-.

Biasanya harganya gak segitu, mungkin karna hari liburan makanya harganya dinaikin. Jam 19.00wib kami langsung naik bis, tapi ya enggak langsung berangkat jam segitu juga. Maklum ajalaahh, pesawat aja bisa delay masa bis enggak. Dan berangkatnya itu sekitar jam 20.00wib lebih. Di perjalanan, kami kena macet. Yang biasanya bisa nyampe Boyolali jam 7.00wib, karena macet bisa aja nyampe Boyolali diatas jam 9.00wib. Selama perjalanan, kami dimanjain video klipnya Didi Kempot, Sinden apalah namanya, Rascal. Lagunya mellow banget, trus lirik lagunya si Rascal sedikit 17+ gitu, videonya juga. Padahal didalam bis ada anak-anak juga. Dan itu diputerin sampe pagi loh. SAMPE PAGIII.. !! -__-

[29 Desember 2012]
Dan betul juga. gara-gara macet, kami nyampe Boyolali jam 10.00wib lebih. Nyampe terminal Boyolali kami langsung beli tiket balik ke Jakarta, takutnya ntar kehabisan. Dan Boyolali - Jakarta harganya Rp 120.000,-. Kenapa harganya beda sama yang dari Jakarta tadi? Entahlah..
Gak lama waktu kami nyampe di terminal Boyolali, kami dijemput sama Pak Yanto. Pak Yanto itu ayahnya Bang Adit Angkatan 49 STIS, yang kebetulan Bang Adit dkk juga mau mendaki ke Gn. Merbabu. Jadinya kami dibawa ke rumah Pak Yanto sambil nunggu Bang Adit dkk datang juga. Di rumah Pak Yanto kami dijamuin. Bu Yanto sama adiknya Bang Adit ramah banget menyambut kedatangan kami kerumahnya. Trus ada kakeknya Bang Adit yang umurnya udah 92an tahun dan dia itu pensiunan ABRI. Kelihatan masih seger loh mbahnya. Sambil nungguin Bang Adit dkk, kami cuma ngobrol doang sama Pak Yanto dan si Mbah juga. Trus gak lama, Bang Adit dkk datang. Temennya ada 4 orang. 3 cowok, 1 cewek dan mereka semua alumni STIS.. :)
Di rumah Pak Yanto kami semuanya makan siang, makanannya udah disediain sama Bu Yanto. makanannya lezat, apalagi sambelnya huaaaaaaa...
habis shalat, makan, kami langsung prepare barang-barang yang akan dibawa kegunung..

lagi prepare barang bawaan, malah hujan. untungnya Pak Yanto mau nganter kami pake mobilnya ke lereng gunung Merbabu yang turun di SMP N 1 Selo. Jarak dari rumah Pak Yanto ke SMP lumayan jauh juga, untung dia tau jalan pintas yang lebih cepat meskipun jalannya agak rusak. Demi kami, Pak Yanto rela nganter bolak balik loh.. kan gak muat tuh kalo 10 orang dalam 1 mobil heeeehee.. baik banget kan...

itu backgroundnya gunung Merapi loh. sekitar jam 16.00wib lewat kita langsung menuju basecamp. untuk ke basecamp kami naik pick-up. Dan ongkosnya itu udah dibayarin juga sama Pak Yanto. Menuju basecamp, kita dimanjain sama pemandangan yang luar biasa bagusnya, belum lagi udaranya yang seger banget. Gak nyesel deh kalo pergi kesana meskipun waktu itu sedikit hujan rintik-rintik.
Gak lama, kami udah nyampe aja di basecamp. Di basecamp udah rame juga para pendaki yang lain. Di basecamp juga kami udah ditungguin sama Rian. Dialah yang akan memandu kami untuk ke puncak Merbabu ntar.

Sekitar jam 17.00wib lewat, barang-barang bawaan udah beres, kami langsung melakukan pendakian. Kami ada 9 orang, ditambah Rian jadinya 10 orang. Udara disana tuh mulai dingin. kabutnya juga lumayan mengganggu jarak pandang, mungkin karena tadi hujan gerimis. Mendaki... mendaki... mendaki... trus mendaki. Untungnya slama pendakian gak ada hujan sedikitpun. sekitar jam 20.00wiib kami nyampe di pos 1. Disana ada yang jaga-jaga gitu. Dan ada juga beberapa pendaki yang lagi istirahat. Gak lama, kami lanjut mendaki... mendaki... mendaki... mendaki... sesekali kami istirahat. lihat aja keringatnya ini hahahahaa...

lanjut lagi, mendaki... mendaki... mendaki... Dan sekitar jam 23.00wib lewat, kita udah bisa melihat keindahan Boyolali sama Magelang. Dan kita bisa lihat gunung Merapi yang berdiri gagah disana. Dan untung GAK ADA HUJAN walaupun ada petir. gak ngaruh juga sih, karena petirnya itu jauh banget tapi kita bisa langsung. mantap pokoknya. Asliii beruntung bangetttt karena gak ujan. Sekitar jam 24.00wib lewat, kami nyampe di sabana 1 gunung Merbabu. Sebenernya masih bisa lebih cepat nyampe sabana 1, ya mungkin karena kita banyak istirahatnya heheheee... Pengen lanjut ke sabana 2, tapi cuaca gak mendukung. Bukan hujan, tapi angin yang kenceng banget. Dan anginnya itu dingin banget.. brrrrrrr. Akhirnya kita bermalam di sabana 1.

[30 Desember 2012]
Sebenernya kami mau lanjut mendaki menuju puncak sekitar jam 3.00wib, ehh malah keenakan tidur di sabana 1 hahaaaaa... bangun-bangun udah pagi aja. Dan udah mau jam 6.00wib. Sunrice mana sunrice.. hahahaa gak nyuci muka langsung keluar dari tenda. Itupun bangun karena dipanggil-panggil sama Rifa. Mungkin kalo gak dipanggil udah ketiduran sampe jam 9.00wib kali yak hahhaaa. Dan ternyata belum terlambat. Sunricenya masih ada... aaaaaaa... indahnyaaaaaa

nih, ada videonya juga...

puas foto-foto, trus kita sarapan. Menunya mantap euiii.. untung ada cewek. jadi menunya itu bisa berbagai macam. coba cowok doang kemaren yang pergi, pasti cuma INDOMIE hahhaaaaaa...
Habis sarapan sekitar jam 7.00wib lewat, kami lanjut mendaki mau ke puncak. Tapi yang limanya lagi ntar nyusul soalnya masih sarapan sekalian istirahat juga. Perjalanan dari sabana 1 menuju puncak itu gak sebentar juga. Selama perjalanan kita akan melihat padang sabana yang indah, trus ada bunga Edelweiss juga. mendaki... mendaki... mendaki... dan mendaki...

foto yang diatas itu foto di bukit sabana 1 menuju sabana 2. masih jauh loh menuju puncaknya. dan bukitnya itu bukan cuma itu, masih banyak lagi. Lagi-lagi bersyukur karena cuacanya mendukung banget. padahal kata warga sekitar selalu hujan biasanya. Alhamdulillahhhh... Mendaki... mendaki... mendaki... pos demi pos kami lewati. Dari arah berlawanan, beberapa pendaki mulai meninggalkan puncak, tapi gak sedikit juga yang menuju puncak mengikuti kami. Mendaki... mendaki... mendaki.... dan
PUNCAAAKKKKKKKKK........!!!
Wohooooooo... kami berlima nyampe puncak!!
Kami nyampe di puncak Trianggulasi, puncak itu merupakan puncak ke 7 Gunung Merbabu yang menjadi puncak tertinggi, 3142 mdpl.

wohooooooo.. meskipun agak berkabut, tapi tetep indah kok. Kalo nyampe disini ada kabut, jangan turun dulu ya karna kabutnya itu hilang muncul hilang muncul doang, kecuali kalo subuh dan cuacanya gak mendung. TOP dahhhhhh.....